Sesuai dengan Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 81 Tahun 2010 tentang Grand Design Reformasi Birokrasi 2010-2025, pelaksanaan Roadmap Reformasi Birokrasi nasional telah memasuki tahapan akhir kedua, namun belum dapat terlaksana sesuai harapan. Oleh karena itu diperlukan dorongan yang kuat dari seluruh instansi terutama komitmen pimpinan dalam mendorong instansinya menciptakan pemerintahan yang baik, transparan, akuntabel, bebas dari korupsi dan melayani.

Dari 8 (delapan) area perubahan pada Reformasi Birokrasi yaitu:

  1. Organisasi;
  2. Tatalaksana;
  3. Peraturan Perundang-undangan;
  4. SDM ASN;
  5. Pengawasan;
  6. Akuntabilitas;
  7. Pelayanan Publik;
  8. Pola pikir (Mindset) dan Budaya Kerja (cultureset)

Pada dasarnya kita telah melaksanakan, namun tidak dapat maksimal dikarenakan belum adanya pemahaman yang sama terkait tujuan akhir Reformasi Birokrasi. Untuk itu dengan semangat demi perbaikan Pemerintah Kabupaten Bojonegoro,  mari kita satukan tekad dan langkah untuk menuju Bojonegoro yang energik dan produktif guna peningkatan pelayanan kepada masyarakat.

Sebagai langkah awal dari pelaksanaan reformasi birokrasi dilingkungan Pemerintah Kabupaten Bojonegoro, maka kegiatan yang perlu kita lakukan adalah:

  1. Menyusun Roadmap Reformasi Birokrasi sebagai sebuah rencana besar 5 tahun kedepan guna mewujudkan Reformasi Birokrasi di Kabupaten Bojonegoro;
  2. Menyusun Peta Proses Bisnis sebagai pedoman hubungan kinerja antar SKPD dalam mewujudkan visi, misi Pemerintah Kabupaten Bojonegoro;
  3. Penataan Sistem Manajemen ASN sebagai pelaksanaan Reformasi Birokrasi dilingkup Pemerintah Kabupaten Bojonegoro dengan melaksanakan evaluasi jabatan guna menetapkan kelas dan nilai jabatan dalam rangka mewujudkan instrument pemberian TPP berbasis kelas jabatan dan kinerja pegawai (e-kinerja).

Berdasarkan hal tersebut diatas, Bagian Organisasi dan Tata Laksana Sekretariat Daerah Kabupaten Bojonegoro telah melaksanakan:

  1. Sosialisasi Penyusunan Roadmap Reformasi Birokrasi pada tanggal 26 Agustus 2019 dengan Narasumber dari Biro Organisasi Sekretariat Daerah Provinsi -----> Materi Sosialisasi dapat di download disini
  2. Sosialisasi Penyusunan Peta Proses Bisnis pada tanggal 27 Agustus 2019 dengan Narasumber dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi  -----> Materi Sosialisasi dapat di download disini
  3. Bimbingan Teknis Penyusunan Dokumen Evaluasi Jabatan pada tanggal 28 Agustus 2019  -----> Materi Sosialisasi dapat di download disini
 

By Admin
Dibuat tanggal 29-08-2019
727 Dilihat
Bagaimana Tanggapan Anda?
Sangat Puas
28 %
Puas
66 %
Cukup Puas
5 %
Tidak Puas
1 %